Sunday, August 21, 2011

Wow! Pendiri PayPal Bangun Negara Sendiri


Peter Thiel, co-founder PayPal dan bekas salah satu penyokong dana Facebook, menginvestasikan dana sebesar USD1,25 juta sebuah proyek 'pulau otopia'. 
Dana sebesar USD1,25 juta telah diinvestasikan oleh Thiel untuk Seasteading Institute, yang ditujukan untuk beberapa negara baru dalam sebuah kapal raksasa menyerupai pulau. Kapal itu sendiri nantinya akan berada di tengah perairan internasional.

'Pulau bergerak' tersebut, seperti yang ditulis oleh situs Details, akan mencoba ide-ide kepemerintahan libertarian. "Bebas dari regulasi, hukum, dan perangkat norma, berbeda dari negara-negara yang sudah ada. Pertama di pulau tersebut akan dibangun sebuah kota kecil, yang diperkirakan akan dihuni oleh jutaan orang pada tahun 2050," jelasnya.

Dijelaskan pula di Details bahwa pulau tersebut untuk masa awalnya bakal bisa berpindah, bertenaga diesel, memiliki 12 ribu ton struktur untuk ruangan dan 270 penduduk dengan ide libertarian yang sama. Dilansir melalui Mashable, Kamis (18/8/2011).

Pimpinan proyek pulau utopia Seasteading Institute adalah Patri Friedman, bekas teknisi Google dan cucu dari Milton Friedman, yang mana merupakan ekonom pemenang Nobel. Friedman berharap dapat meluncurkan pulau bergerak tersebut di pantai San Francisco awal tahun depan. 

Meski terdengar cukup aneh, namun ide-ide untuk mendirikan negara kecil bukanlah sebuah hal yang baru. Salah satu 'negara utopia' yang paling dikenal adalah Principality of Sealand, yang didirikan pada tahun 1967 di dekat pantai Suffolk, Inggris. Principality of Sealand memiliki mata uang, perangko, paspor, dan sertifikat kebangsawanan tersendiri. Populasi penduduk Principality of Sealand saat ini adalah tiga orang.

Situs http://seasteading.org/ menyediakan segala informasi lebih lebih tentang Seasteading Institute.
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/08/18/91/493329/pendiri-paypal-bangun-negara-sendiri  

No comments:

Post a Comment