Wednesday, August 31, 2011

Orang Butuh Rata-Rata 37 Menit Untuk Bisa Tertidur


Sejak membaringkan tubuh di kasur, rata-rata orang masih butuh 37 menit untuk benar-benar terlelap. Bisa juga dipercepat dengan cara tertentu misalnya menghitung domba, tapi yang terpopuler adalah membaca buku dan mendengarkan suara tertentu.


Sebuah survei di Inggris mengungkap, rata-rata orang tidak langsung tertidur saat membaringkan tubuhnya di kasur lalu memejamkan mata. Ada ritual tertentu yang harus dilakukan sebelum benar-benar terlelap, yang memakan waktu rata-rata 37 menit.

Ritual itu berbeda-beda pada setiap orang, namun yang paling populer adalah membaca buku dan mendengarkan suara-suara tertentu. Sementara ritual menghitung domba sebelum tidur seperti yang sering digambarkan dalam film-film kartun justru jarang dilakukan.

Berikut ini jenis ritual yang dilakukan orang-orang Inggris menurut survei tersebut, seperti dikutip dari Telegraph :


Membaca buku (43 persen)
Mendengarkan burung berkicau dan suasana hutan tropis (20 persen)
Mendengarkan suara ombak (11 persen)
Ngobrol dengan pasangan tidur (10 persen)
Menghitung domba (10 persen)
Mendengarkan musik-musik lembut (9 persen)
Mendengarkan suara hembusan angin (8 persen)
Mendengarkan jam dinding berdetak (6 persen)
Mendengarkan siaran radio tengah malam (4 persen)

Berdasarkan hasil survei tersebut, tampak bahwa sebagian besar orang baru bisa tidur jika mendengar suara-suara tertentu yang disukainya. Menurut seorang pakar kesehatan tidur, suara-suara tersebut dapat membantu mengalihkan perhatian pada hal lain yang membuat tidur tidak nyenyak.

"Suara-suara alam biasanya paling menenangkan. Jarang ada yang menyukai suara bising seperti musik rock atau hiruk-pikuk lalu lintas, tapi ada juga yang lebih mudah tidur kalau mendengar suara pembersih debu dan alat pengering rambut. Pemain sepakbola Wayne Rooney contohnya," ungkap sang pakar, Dr Neil Stanley dari University of Surrey.

Selain mengungkap ritual sebelum tidur, survei tersebut juga mengungkap hal-hal yang membuat orang jadi lebih susah tidur. Berdasarkan pengisian kuesioner, 27 persen responden mengaku paling tidak bisa tidur jika mendengar orang lain mendengkur.

http://akatsuki-ners.blogspot.com/2011/08/orang-butuh-rata-rata-37-menit-untuk.html

No comments:

Post a Comment