Monday, August 22, 2011

Makanan Pembawa Kebahagiaan

Apakah sesungguhnya kebahagiaan itu? Apakah sudah merasa sebahagia yang Anda pikirkan? Kebahagiaan itu terkait dengan dua pengatur suasana hati yang diproduksi oleh otak, yaitu serotonin dan noradrenaline.


Serotonin adalah peningkat mood yang memiliki efek pada rasa sakit, senang, gelisah, panik, dan pola tidur. Sementara, noradrenaline adalah senyawa kimia yang mengangkat mood dan mempengaruhi stres serta kegelisahan. Dan yang akan dipengaruhi oleh kedua zat ini adalah kebahagiaan Anda.

Penelitian saat ini menegaskan bahwa ada kaitan antara makanan yang kita makan dengan perasan yang lebih baik, rileks, dan kebahagiaan. Makanan apa saja yang bisa mempengaruhi kebahagiaan?

Di antaranya adalah yang mengandung protein dan karbohidrat. Karbohidrat akan membawa asam amino dan tryptophan ke otak kita. Setelah itu, tryptophan akan memproduksi serotonin dan noradrenalin yang meningkatkan mood.

1. Pisang.
adalah salah satu makanan yang kaya dengan magnesium, yang bisa mengurangi kegelisahan dan bisa membantu tidur lebih lelap.

2. Minuman Jeruk
Dua gelas jeruk peras bisa membantu mengurangi rasa gugup dan bad mood. Kekurangan vitamin C akan mempengaruhi jumlah noradrenaline yang bisa membuat Anda rewel.

3. Coklat. 
Sembilan puluh persen wanita sangat menggandrungi coklat. Coklat memiliki efek dan cenderung membawa kesenangan.

4. Ayam kalkun. 
Protein yang satu ini adalah sumber yang baik untuk asam amino tyrosine yang memproduksi dopamine dan noradrenaline yang sangat bagus untuk relaksasi dan tidur Anda.

5. Air mineral.
Air mineral juga merupakan salah satu asupan yang baik. Karena kekurangan cairan adalah penyebab umum kelelahan, lekas marah dan tertekan. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah yang mengalir ke organ tubuh sangat lambat dan fungsi organ menurun.

Jika ingin tetap terus bahagia, mengkonsumsi sejumlah makanan di atas bisa membantu Anda.


http://cinta-syamsudin.blogspot.com/2011/07/makanan-pembawa-kebahagiaan.html

No comments:

Post a Comment