Wednesday, May 11, 2011

Inilah 10 Gejala Penyakit Parkinson



Inilah 10 Gejala Penyakit Parkinson – Penyakit parkinson kadang sulit diidentifikasi dan tidak semua penderita memiliki gejala yang sama. Sehingga pengamatan klinis dari seorang ahli sangat dibutuhkan dalam hal ini. Akan tetapi, berdasarkan panduan dari United Kingdom Parkinson’s Disease Society Brain Bank, ada beberapa gejala yang umum. Seperti dikutip dari yahoohealth, inilah tanda-tanda yang menunjukkan orang terkena parkinson.

1. Pergerakannya sangat lambat dan kadang ceroboh. Penderita parkinson membutuhkan waktu lebih lama saat memasang kancing baju, menelepon, atau aktivitas berat lainnya. Menurunnya gerakan ini dikenal dengan bradykinesia. Sebagai kelanjutannya, pasien penderita parkinson megalami kondisi “membeku” seperti patung pada saat berjalan atau berputar arah dan tidak mampu melangkah.

2. Tangan atau lengan bergetar pada posisi diam atau santai. Sekitar 70-80 persen pasien parkinson mengalami resting tremor atau getaran di tangan, lengan, dagu atau wajah. Getaran ini terjadi saat pasien meletakkan tangannya di paha pada kondisi santai atau saat hendak mengambil cangkir teh. Namun, jika orang gemetar saat memegang cangkir atau menulis dengan pena, kemungkinan dia hanya mengalami “getaran biasa” dan bukan parkinson.

3. Penderita mengeluh merasakan tegang atau sakit, kekakuan pada otot, lengan dan tubuh hingga sulit untuk bergerak. Bangun dari tempat tidur atau berdiri dari kursi menjadi sangat sukar. Orang yang menderita parkinson jarang membuat gerakan-gerakan spontan dan kehilangan ekspresi pada wajah.

4. Penderita tidak bisa bertahan lama dalam posisi berdiri. Petunjuk umummnya penderita akan kehilangan keseimbangan tubuh dan bisa terjatuh. Mereka biasanya akan berjalan dengan langkah-langkah kecil dan lambat. Namun, jika pasangan Anda mengalami hal seperti ini dan tidak diikuti gejala Parkinson lainnya, mungkin saja dia mengalami diagnosa yang berbeda.

5. Terjadi masalah pada sisi lain tubuh Anda. Gejalanya berupa jari-jari yang bergetar atau kekakuan pada kaki. Pergerakan motoris pada penderita parkinson awalnya hanya mengganggu satu sisi tubuh. Selanjutnya dalam beberapa tahun ke depan gangguan ini akan menyebar ke sisi yang lain.

6. Perubahan tulisan tangan. Satu hal aneh yang mudah diketahui dari penderita parkinson adalah tulisan tangannya menjadi lebih kecil dan berdesakan. Gejala ini bisa dianggap sebagai petunjuk awal dari kesulitan gerak motorik.

7. Penderita sepeti kekurangan tenaga. Penderita parkinson biasanya akan mengalami depresi sebelum timbulnya masalah dengan pergerakan. Para ahli yakin, kelainan mental merupakan bagian dari pernyakit parkinson sendiri, bukan hanya reaksi dari memiliki penyakit ini.

8. Saat penderita berjalan, satu tangan tidak berayun sebanyak tangan lainnya dan pergerakan yang lambat ini akan menjalar pada seluruh tubuh. Sebagai contoh, awalnya tangan berayun lebih lamban dari biasanya, selanjutnya diikuti dengan jarang berkedip dan menelan ludah.

9. Penderita tidak mengenal bau-bauan. Pada tahapan awal, penderita parkinson sering kehilangan indra penciuman karena proses menurunnya perkembangan syaraf.

10. Kata-katanya sulit di dengar dan dipahami. Penyakit parkinson membuat suara penderita menjadi pelan, lemah dan sukar dimengerti.
http://www.todaypos.com/inilah-10-gejala-penyakit-parkinson.html

No comments:

Post a Comment