Sunday, February 7, 2010

Menguak Kehidupan Masa Lampau Kita


 
 Terapi Regresi ke Kehidupan Lalu 

Apabila anda memutuskan untuk mencoba Regresi ke Kehidupan lalu untuk penyembuhan; badan, emosi dan spiritual, sangatlah penting bagi anda untuk mengerti akan tujuannya dan juga hasil penyembuhan dan batasannya yang bisa membawa anda ke tujuan kesehatan. Artikel singkat ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai dasar dari Terapi ke Kehidupan Lalu.
Regresi ke Kehidupan lalu memiliki implikasi yang serius bagaimana kita menjalani kehidupan kita di masa sekarang. Regresi ke Masa lalu merupakan pekerjaan spiritual dimana alam bawah sadar yang sering memberikan reaksi dalam banyak situasi, orang yang kita pilih untuk hidup bersama dan juga kesehatan fisik dan kebiasaan-kebiasaan. Dengan demikian, sangatlah penting anda ditangani oleh seorang ahli regresi ke masa lalu yang sudah berpengalaman dan profesional yang dapat membantu anda menangani masalah yang keluar lewat regresi.
Banyak sekali kasus permasalahan dapat menyembuhkan fisik dan emosi yang keluar lewat terapi regresi ke kehidupan lalu, sehingga kita bisa mengerti diri kita sendiri dalam kehidupan sekarang ini, sehubungan dengan pelajaran kehidupan sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama dalam kehidupan ini. Saya percaya bahwa kita sudah hidup dalam banyak sekali kehidupan, juga saya percaya kita masih akan meneruskan kehidupan di masa mendatang untuk mengerti dan menyadari siapa kita sesungguhnya. Dengan pengalaman itu, kita terus berkembang dan berubah sampai kita menuju pada level spiritual yang lebih tinggi, lebih bijaksana dalam segala pikiran dan perbuatan kita dan lewat Regresi ke Kehidupan Lalulah kita bisa mendapatkan pengertian itu.


Apakah kehidupan masa lalu itu betul terjadi ?
 
Kebanyakan agama memiliki pengertian akan paham reinkarnasi. Umat Kristiani percaya dengan kehidupan lalu juga sampai Gereja Katolik menuduh hal itu sebagai sesuatu yang tidak masuk akal, tidak ada di kitab Injil yang menyangkal reinkarnasi sebagai keadaan spiritual sehingga di dunia Barat, reinkarnasi sepertinya hal yang baru dan membutuhkan cara berbeda untuk bisa dimengerti. Kita ingin tahu apabila kita pernah terlahir sebelumnya, siapa kita dulunya dan mungkin melihat apabila kita menjadi tokoh terkenal. Sering terjadi dimana arti spiritual yang mendalam menjadi hal yang sangat penting dan menimbulkan akibat / situasi yang sering diabaikan. Orang Hindu berpendapat bahwa reinkarnasi adalah penjara spiritual dimana kita terus berkecimpung dalam lingkaran kehidupan dan bereinkarnasi sampai kita mencapai kebebasan. Kebebasan ini dapat dicapai setiap saat kita mengakhiri lingkaran inkarnasi. Dalam Buddhisme, kelahiran ulang merupakan kemajuan dan kesadaran bahwa tidak ada kamu/saya atau punyamu/punyaku. Dengan demikian pernyataan sederhana ini telah dijalankan selama beribu-ribu tahun. 


Pandangan Terapis 

Bila seorang Terapis Kehidupan lalu menganggap reinkarnasi sebagai kenyataan spiritual, pandangan ini tidak penting bagi klien dalam sesi Regresi ke Kehidupan lalu. Yang terpenting adalah hal yang tersimpan di dalam alam bawah sadar bisa digali dan melepaskan permasalahannya. Contoh, apabila seorang klien mengaku sebagai Yesus dalam kehidupan lalu, kehidupannya di seputar Yesus menjadi penting baginya dalam perlakuannya. Sangatlah penting bagi seorang terapis untuk mengikuti alur cerita yang dikeluarkan dari kliennya, tanpa menyanggah / keraguan sama sekali karena pengalaman klien adalah pengalaman murni dari dalam diri mereka sendiri dan hal ini menjadi penting bagi klien yang telah mengalami kejadian tertentu sehingga mereka bisa terlepas dari permasalahan kehidupan lalunya. 


Mengapa melakukan Terapi Regresi ke Kehidupan Lalu ? 

Dari pengalaman para klien, saya mendapatkan pengertian bahwa Regresi ke Kehidupan Lalu sangatlah berguna dan perlu dalam menghadapi permasalahan tanpa penyebab yg masuk akal.  Banyak orang mendapatkan kesembuhan saat mereka mengalami permasalahan di pekerjaan, keluarga dan lingkungannya. Permasalahan ini terasa berat karena tidak ada penyebab yang masuk akal tapi tidak mengerti karena ‘ada sesuatu dari orang itu yang tidak dapat saya mengerti’. Saya mendapatkan Regresi sangatlah berguna dalam memecahkan permasalahan hubungan dengan pacar, pasangan suami/istri, anak, orang-tua, keluarga, sahabat, rekan sekerja yang mempunyai tendensi untuk terlahir bersama dan mengalami banyak kejadian bersama.
Juga para klien yang punya fobia / rasa takut pada api, air, ketinggian, ruang tertutup, terbang, semuanya bisa diatasi lewat Regresi ke Kehidupan Lalu karena semuanya itu biasanya berakar dari trauma masa lalu. Juga ada bukti luar biasa dalam praktek saya dan buku-buku yang berhubungan dengan penyakit somatis dan juga penyakit yang tidak jelas ditemukan secara medis tapi bisa disembuhkan melalui Regresi ke Kehidupan Lalu. Tubuh kita merupakan refleksi / pancaran dari alam sadar dan bawah sadar kita sehingga trauma yang terjadi dari masa lalu sering berhubungan dengan penyakit di badan dan pikiran dalam kehidupan ini. Terutama orang-orang yang meninggal tidak wajar dari kehidupan lalunya, contoh; dibunuh, kecelakaan, penyakit menahun dan alam bawah sadar mereka menyimpan perasaan marah, benci, dendam, sakit hati, merasa tidak adil, tidak puas, bersalah, dll. Tetapi perlu kami jelaskan bahwa apabila memang ada penyakit yang berhubungan dengan medis, seharusnyalah ditangani oleh ahli medis sehingga mendapatkan kesembuhan total dari badan jasmaninya. Dalam melakukan terapi ini, sangatlah penting untuk mempunyai tujuan kenapa klien datang pada saya. Biasanya untuk pertama kali apabila permasalahan yang harus ditangani terlalu banyak, kita hanya terbuka tentang permasalahan/pengertian kehidupan lalu yang berhubungan dengan kehidupan ini, nanti setelah datang beberapa kali, biasanya kita akan lebih spesifik untuk permasalahan / pengertian kehidupan klien tersebut. Setiap klien yang datang pada saya memiliki hal yang unik, saya tidak pernah tahu pengalaman apa yang akan didapat oleh klien tersebut sampai saya gali. Biasanya saya memberikan empowerment / kekuatan dari dalam diri klien sendiri. Banyak orang yang ragu batasan apa yang bisa diraih dan pengalaman saya, niat itu datang dari klien sendiri, anda akan mengalami apa yang seharusnya dialami dan terbuka akan hal apapun yang keluar. Niat apa yang baik ? apapun yang ada masalah biasanya yang terbaik. Pertanyaan mengenai kehidupan, hubungan, ketakutan atau penyakit tertentu dapat membawa hasil. Anda bisa ‘melihat’ dengan mata batin / merasakan sendiri apa yang terjadi dari kehidupan lalu dan apa yang akan dicapai dalam kehidupan ini. 


Keinginan untuk Mengulang 

Keinginan untuk mengulangi perbuatan/pikiran negatif menjelaskan apa yang membuat kita terlahir kembali dari apa yang belum selesai di kehidupan lalu. Jung menulis “satu permasalahan yang kompleks timbul apabila kita mengalami kegagalan dalam kehidupan.” Roger Woolger Ph.D. menjelaskan bahwa pernyataan itu berlaku dalam segala kehidupan. Keinginan untuk mengulang ini adalah metode dimana kita selesaikan apa yang belum selesai sehingga kita memiliki kesempatan untuk mengubahnya, jadi selesailah dalam kehidupan sekarang ini. Terapi ke Kehidupan Lalu ini bisa digunakan untuk menyelesaikan apa yang belum selesai di kehidupan lalu sehingga kita mendapatkan pelajaran kehidupannya. Seorang klien yang telah mengalami kegagalan dalam satu kehidupan, dapat melepaskan emosi yang tertahan dan melihat situasinya dari kacamata kehidupannya sekarang. Pandangan inilah yang menjadi selesai dari kehidupannya sekarang dan membantunya untuk menemukan solusinya sehingga melepaskan permasalahan itu. Seringkali klien yang mempunyai masalah anoreksia atau bulimia memiliki kehidupan lalu karena kelaparan. Juga keinginan untuk mengulang sering didapatkan dari perbuatan yang bertolak belakang. Roger Woolger juga mengatakan banyak kehidupan lalu dari kamp konsentrasi di Eropa sering muncul di Amerika dimana lebih bisa diekspresikan membeli makanan dengan mudah di supermarket dan restoran 24jam. Saya juga mendapatkan bahwa hobby dan bakat saya datang dari pengalaman kehidupan lalu. Intuisi saya dalam hal penyembuhan berasal dari beberapa kehidupan lalu sebagai Penyembuh (Dukun) obat-obatan dalam beberapa suku di kehidupan suku Indian Amerika, juga sebagai dokter di kehidupan lainnya. Beberapa kehidupan itu sangatlah kejam dan berakhir dalam kesedihan dan meninggal dengan tragis. Banyak sekali keinginan untuk berlaku adil dan benar yang datang dari kehidupan lalu. Dengan mengerti arti kehidupan ini dan melepaskan hal yang menekan maka dengan jelas saya mengerti jalan kehidupan yang sekarang ini. 


Bagaimana kalau saya tidak dapat melepaskan dari kepala / ingatan saya ? 

Ini adalah salah satu pertanyaan umum yang saya dengar dari klien yang masuk ke Regresi Kehidupan lalu. Jalan utama alam bawah sadar adalah melindungi badan dan pikiran dari hal-hal yang ‘dianggap’ mencelakai jadi anda bisa tenang mengetahui bahwa anda tidak akan mengalami hal-hal yang tidak bisa anda tangani. Ini merupakan mekanisme keamanan dalam pikiran manusia. Juga apabila ada hal-hal yang sulit, anda siap dalam menghadapi pengalaman ini. Sesungguhnya anda lebih bijaksana daripada yang anda sadari. Seringkali orang tidak mengingat hal yang melukainya sebagai mekanisme pembelaan diri sehingga membawanya untuk tetap bisa bertahan di kehidupan masyarakan. Saat seseorang mulai mengingat situasi yang melukainya, mereke tidak mengingatnya sekaligus tetapi mengingatnya sepotong-sepotong dan bertahun-tahun mengingat kembali masa kecilnya. Untuk mengingat semuanya sekaligus merupakan hal yang menghancurkan orang ini. Ini juga sama dengan pengalaman-pengalaman kehidupan lalu. Pengalaman saya membawa saya mengerti bahwa seseorang telah mengalami penyiksaan, perpisahan, perang dan ditinggalkan, baik sebagai korban maupun pelakunya. Untuk mengingat semuanya ini dalam kehidupan sekarang sangatlah benar-benar luar biasa. Dalam terapi regresi, tujuannya adalah mengingat sedikit demi sedikit, memprosesnya dan mengingat sedikit lagi dan melepaskannya. 


Apakah ini cocok untuk saya ? 

Ada debat yang menarik dalam komunitas hypnosis mengenai siapa yang bisa dihipnotis dan yang tidak bisa. Pengalaman saya adalah apabila seseorang bersedia menangguhkan apa yang mereka pikir sudah mereka ketahui dan bersedia untuk membiarkan diri mereka masuk ke dalam alam bawah sadarnya adalah calon yang baik. Jawaban saya adalah ya, dengan catatan anda membiarkan diri anda untuk masuk ikut serta dalam pengalaman anda. Seperti membaca buku. Waktu anda membaca, anda membiarkan larut dalam alur kejadiannya, masuk dalam karakter orang-orang dalam cerita itu dan seringkali mempunyai gambaran dalam pikiran anda mengenai wajah karakter, situasi dan juga mungkin perasaan mereka. Ini adalah salah satu bentuk hypnosis dan bila anda melihatnya seperti itu, anda sangatlah sukses. Anda tidak mengatakan/berpikir selagi membaca buku ini bahwa ini tidak terjadi, Cuma kata-kata di lembaran kertas dan imajinasi saya yang membuatnya. Anda masuk dalam kejadiannya dan sering membiarkan perasaan lain masuk di dalamnya. Inilah yang saya anggap sangat membantu seseorang waktu masuk kedalam regresinya. 


Hasil yang bisa diharapkan 

Regresi ke kehidupan lalu adalah salah satu alat yang paling efektif dalam hal psikologi dan perubahan watak yang ada dan sering menjadi bentuk psikoterapi yang singkat, tetapi, tidak ada obat yang manjur dengan hanya satu atau dua sesi untuk menyelesaikan satu masalah dan kebiasaan dalam satu kehidupan. Orang sering memperhatikan perubahan yang jelas berbeda setelah satu atau dua sesi, tetapi tanpa diteruskan dengan sesi lanjutan, perubahan ini hanyalah sementara. Jarang sekali dari satu kehidupan masa lalu menjadi jawaban semua permasalahan anda, atau satu regresi menjawab semua informasi dan hasil dalam satu kehidupan. Kehidupan masa lalu kita terjadi seperti kehidupan sekarang, dengan pelajaran yang membuat kita berkembang dengan lebih bijaksana, waktu yang berbeda, juga ada saat-saat menyedihkan dan berbahagia. Dengan cara berdedikasi untuk kesembuhan anda bila anda mengetahui dari beberapa kehidupan hanya untuk masalah yang sama, maka anda mengerti bahwa akan memakan waktu dalam proses perubahan itu. Tetapi dengan mengetahui apa yang terjadi di kehidupan-kehidupan lalu itu, anda dapat mengerti untuk tidak lagi mengulangi hal yang sama dalam kehidupan ini sehingga anda terbebas dari permasalahan yang sama, dengan demikian kehidupan anda mengalami perubahan enerji yang berarti untuk kesehatan jiwa dan raga. 

source: artikel-artikel hipnotis

No comments:

Post a Comment