Saturday, September 10, 2011

Baso Ahmad, Si Pemuda Desa Temukan Teknologi Keamanan Motor

Maraknya pencurian kendaraan bermotor membuat seorang pemuda desa asal Kabupaten Sulawesi Selatan berhasil menemukan teknologi pengamanan kendaraan, dengan mengandalkan sebuah telepon seluler bekas.

Hebatnya, pemuda tersebut mampu menghidupkan mesin kendaraan baik sepeda motor ataupun mobil dengan telepon selulernya, serta mampu merekam setiap pembicaraan di sekitar kendaraan tersebut.

Apabila dilihat sepintas, sepeda motor milik Baso Ahmad ini hanyalah motor biasa. Tapi siapa sangka motor ini bisa hidup menggunakan sebuah ponsel. Tak hanya itu, teknologi ponsel berfungsi sebagai pengaman kendaraan.



Baso Ahmad dengan motornya (Asriyah Latief/Sun TV)
Teknologi temuan warga desa Atapange, Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan ini bermula dari ponsel yang ditemukannya tercecer di jalan raya. Dari ponsel bekas ini Baso Ahmad terinspirasi memadukan teknologi handphone dengan kendaraannya.

Baso Ahmad membutuhkan waktu tiga bulan penelitian dan perakitan dalam menyempurnakan hasil temuannya ini. Perangkat yang digunakan juga sangat sederhana dan murah, yakni sebuah stabilizer yang ditempelkan di motor untuk memancarkan sinyal pada ponsel atau alat elektronik lainnya.

Baso Ahmad memiliki keinginan mampu menciptakan mesin traktor yang bisa berkerja sendiri tanpa operator untuk membantu meringankan pekerjaan petani di desanya.

(Sumber: http://autos.okezone.com/read/2011/09/08/53/500465/pemuda-desa-temukan-teknologi-keamanan-motor )

No comments:

Post a Comment