Tuesday, September 27, 2011

Inilah Kota dengan Tingkat Polusi Udara Paling Buruk di Dunia


World Health Organization (WHO) baru saja merilis survei global pertama mengenai polusi udara. Dari hasil survei dapat diketahui kota mana dengan polusi terburuk.

Menurut hasil survei WHO tersebut, Iran, India, Pakistan dan Mongolia menjadi kota paling berpolusi di Bumi. Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dan Kanada menjadi yang paling minim polusi.

Diketahui di barat laut kota Ahvas, Iran memiliki tingkat partikel udara tertinggi, kurang dari 10 mikrometer. WHO merilis data ini guna menyorot pentingnya mengurangi polusi udara yang diperkirakan menjadi penyebab 1,34 juta kematian prematur tiap tahunnya.

Badan global ini mengatakan seperti ditulis Strait Times, investasi guna menurunkan tingkat polusi bisa dengan cepat terbayar. Pasalnya, jika benar dilakukan, tingkat penyakit akan menurun dan biaya perawatan menjadi murah.

Daftar yang mengandalkan data laporan negara-negara di dunia selama beberapa tahun terakhir ini mengukur tingkat partikel udara yang lebih kecil dari 10 mikrometer yang disebut PM10s pada hampir 1.100 kota di dunia.

( Sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1778794/inilah-kota-berpolusi-udara-paling-buruk-di-dunia )

No comments:

Post a Comment