Saturday, July 30, 2011

Ilmuwan Berhasil Kuak Rahasia Terbentuknya Bumi





Berkat materi yang disebut Pyrite, ilmuwan Skotlandia mengaku berhail menguak kompisi pembentuk Bumi serta cara Bumi berevolusi.

Materi itu memberi ilmuwan pandangan kembali pada miliaran tahun silam di evolusi Bumi. Peneliti University of Edinburgh melakukan reka ulang bentuk kuno mineral yang mampu mengungkap rincian peristiwa geologi di masa lampau.

Analisa terperinci mineral ini memberi pandangan segar ke dalam kompisi Bumi sebelum terjadinya peristiwa yang disebut Great Oxygenation pada 2,4 miliar tahun silam ketika oksigen dilepaskan oleh bentuk awal bakteri.

Hal ini kemudian memberi bentuk baru pada tanaman dan kehidupan hewan dan mengubah laut dan atmosfer Bumi.

"Teknologi memungkinkan kami melacak proses ilmiah yang tak bisa dilihat hanya dari penelitian komposisi mineral saja yang bertujuan memahami cara zat-zat ini terbentuk,” ujar Kepala Peneliti Ian Butler seperti dikutip UPI.

Hal ini memungkinkan ilmuwan lebih memahami kondisi geologi saat itu dengan lebih baik serta memahami cara lautan dan atmosfer berevolusi.

"Informasi baru mengenai Pyrite ini memberi banyak alat tajam untuk menganalisa evolusi awal Bumi dan cara terbentuknya planet," katanya.

http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/07/ilmuwan-berhasil-kuak-rahasia.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment