Thursday, July 28, 2011

Ilmuwan Akui Perjalanan Waktu Hanya Dongeng


Bagi mereka yang berharap bisa melakukan perjalanan waktu, berita ini cukup mengecewakan. Ilmuwan mengklaim, perjalanan waktu hanya sekadar dongeng.

Ilmuwan membuktikan, foton tunggal mematuhi teori Einstein, yakni tak bisa berjalan lebih cepat dari kecepatan cahaya. Artinya, perjalanan waktu mustahil dilakukan. Temuan ini mengakhiri debat betahun-tahun mengenai kecepatan foton tunggal, dasar unit cahaya.

Kepala peneliti Prefesor Shengwang Du dari Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) mengatakan seperti dikutip Dailymail, "Hasil uji menambah pemahaman kami pada cara bergerak foton tunggal."

Melalui pembuktian ini, debat tahunan ini akhirnya ditutup, lanjutnya. Du bersama tim menemukan, foton tunggal mematuhi hukum trafik semesta seperti klaim Einstein, kecepatan cahaya merupakan hukum trafik semesta, sederhanya, tak ada yang mampu berjalan lebih cepat dari cahaya.

Dari hasil uji yang dilakukan, Du dan tim memastikan teori Einstein, sebuah efek tak bisa terjadi sebelum ada penyebab. Saat berhasil meneliti prekursor optik foton tunggal, tim menemukan, sebagai bagian tercepat foton, gelombang prekursor selalu berjalan di kecepatan cahaya saat di ruang hampa. Hasil studi ini diterbitkan jurnal Physical Review Letters.

http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/07/ilmuwan-akui-perjalanan-waktu-hanya.html

No comments:

Post a Comment