Thursday, April 28, 2011

7 HEWAN CERDAS DI DUNIA

1. SIMPAMSE

Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai "Binatang Film" paling laris selain anjing. Simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para Ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di duniasaat ini. Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika. mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. mereka adalah mahluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan sebatang pohon.
2. LUMBA - LUMBA HDUNG BOTOL

Keluarga mamalia laut memang terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. mereka mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia. diantara banyak mamalia laut yang cerdas tersebut, lumba - lumba hidung botol adalah yang paling cerdas. otak lumba - lumba jenis ini lebih besar dari pada otak lumba - lumba lainnya. selain itu mereka memiliki koteks serebral 40% lebih besar daripada manusia. kortrek serebral adalah wilayah otak yang berfungsi untuk komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan kecerdasan dalam menerima hal - hal yang baru.
3. GAJAH


Dari semua jenis gajah yang ada di seluruh dunia ini, baik itu gajah pigmimaupun gajah raksasa, diyakini memiliki kepintaran yang sama. Gajah memiliki berbagai macam indra yang tajam. terutama pendengaran dan memorinya. Otak gajah merupakan otak terbesar dari semua makhluk darat yang hidup saat ini. kemampuan memori gajah dapat dibuktikan dari bagaimana mereka mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni dan kemampuan mereka membedakan panggilan untuk masing - masing gajahlainnya, Gajah bahkan dapat memanggil gajah lannya dalam jarak berkilo - kilo meter dengan suara teriakan, suara terompet atau dengan panggilan melalui tanah. gajah pun memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia, mereka dapat tertawa, menangis dan marah. gak heran gajah banyak dijadikan lambang kebijaksanaan oleh beberapa budaya tuadi dunia. Di Sekolah gajah di Lampung, gajah dilatih untuk mengenali berbagai bentuk, melakukan atraksi, dan bahkan melukis gajah lainnya.
4. KAKAK TUA ABU - ABU AFRIKA


Kakak tua biasa kita tahu hanya dapat menirukan perkataan manusia, ternyata kakak tua bisa menjawab pertanyaan - pertanyaan yang diajukan. tentunya hal itu perlu latihan terlebih dahulu. para ilmuwan yang meneliti mereka mengatakan bahwa kakak tua jenis ini adalah kakak tua terpintar di dunia atau burung paling cerdas di dunia. kakak tua ini dapat mengenali puluhan pertanyaan yang berisi kata - kata dari yang sederhana hingga yang hampir rumit, mengenali belasan jenis warna, macam - macam bentuk dan nilai - nilai numerik yang disajikan. para ilmuwan yakin burungi ini dapat dikembangkan untuk penelitian yang lebih mengagumkan lagi.
5. GURITA


Semua jenis cumi atau mahluk bertentakel diketahui memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, tapi untuk gurita adalah luar biasa, maahluk kedalaman laut ini memiliki otak yang cukup besar dengan sensor syaraf yang memungkinkan bagi mereka untuk berpikir secara cepat. dari berbagai percobaan yang diberikan ilmuwan, misalnya menaruh kepiting di dalam toples, gurita dapat membuka dan menangkapnya terkadang bahkan mereka dapat ditemukan di dlama lambung kapal sedang menangkap kepiting. Gurita terbesar yang pernah ditemukan seberat 273 kilogram dan dengan rentang tubuh mencapai 30 meter
6. ANJING BORDER COLLIE


Border Coliie adalah salah satu jenis anjing yang berasal adari skotlandia, dan disebut - sebut sebagai anjing terpintar di dunia. ditempat asalnya, anjing ini digunakan manusia untuk menggembalakan ternak. Border Collie dapat memecahkan masalah - masalah rumit yang ditemuui saat menggembalakan ternak. menggembalakan ternak adalah hal yang sulit bagi manusia yang nggak terbiasa, namun Border Collie dapat mempelajarinya dengan cepat. Anjing juga sering dipakai dalam pelacakan dan bantuan untuk SAR pada bencana alam yang sulit untuk dilacak teknologi. penciuman dan intuisinya yang luar biasa lah yang membuat anjing ini menjadi berguna bagi manusia.
7. TIKUS


Jika kita menggemari film seperti Tom and Jerry, tentunya kita mengetahui kejahilan jerry menganggu Tom. terlihat di film itu bahwa kucing ternyata lebih bodoh daripada tikus. tapi itulah kenyataannya. tikus adalah salah satu makhluk pintar dan cerdik yang populer digunakan sebagai binatang uji coba laboratorium. tikus memiliki psikologi yang hampir mirip dengan mausia, mereka dapat merasa stress, sedih, gembira, bahkan menyesal. tikus juga dapat bermimpi layaknya manusia dan mempelajari hal - hal yang baru. kecerdasannya banyak digunakan untuk mengenali berbagai jenis makanan berbahaya, penyakit bahkan ranjau darat. salah satu kemampuan yang mengesankan dari tikus bagi manusia adalah memecahkan labirin dengan kecepatannya, bahkan jarang sekali ada manusia yang seperti itu.

http://l-cellsurokidul.blogspot.com/2011/04/7-hewan-cerdas-di-dunia.html

No comments:

Post a Comment