Tuesday, March 29, 2011

7 Bahaya Yang di Timbulkan Bocornya Radioaktif PLTN

Ada tujuh efek yang berbahaya yang akan ditimbulkan apabila tubuh manusia terkena bocoran radioaktif dari PLTN seperti yang dimuat dalam situs atomicarchive.com

1. Rambut

Rambut akan cepat menghilang bila terkena radiasi di 200 Rems atau lebih. (Rems satuan dari kekuatan radioaktif).


2. Otak

sel-sel otak tidak akan rusak secara langsung kecuali terkena radiasi berkekuatan 5000 Rems atau lebih. Radiasi akan membunuh sel-sel saraf dan pembuluh darah dan akibatnya dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak.

3. Kelenjar Gondok

Kelenjar tiroid sangat rentan terhadap yodium radioaktif. Dalam jumlah tertentu, yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh bagian tiroid.

4. Sistim Peredaran Darah

Pada Saat seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems, maka jumlah limfosit darah akan berkurang, dan korban akan rentan terhadap infeksi dan gejala-gejala awalnya seperti penyakit flu.

Gejala ini dapat bertahan selama 10 tahun dan mungkin memiliki risiko jangka panjang seperti leukimia dan limfoma seperti yang terjadi pada ledakan Nagasaki dan Hiroshima.

5. Jantung

Apabila jantung terkena radiasi dengan kekuatan 1000 sampai 5000 Rems maka akan mengakibatkan kerusakan langsung pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan gagal jantung dan juga kematian mendadak.

6. Saluran Pencernaan

Dengan kekuatan radiasi 200 Rems akan mengakibatkan kerusakan pada lapisan saluran usus dan dapat menyebabkan mual, muntah dan diare berdarah.

7. Saluran Reproduksi

Dengan kekuatan dibawah 200 rems saluran reproduksi biasanya akan merusak dan bila terjadi dalam jangka panjang, korban radiasi akan mengalami kemandulan.

Itulah tujuk efek yang sangat berbahaya bila terjadi pencemaran radioktif PLTN kepada manusia disekitarnya.

http://sukasu.blogspot.com/2011/03/7-bahaya-yang-di-timbulkan-bocornya.html

No comments:

Post a Comment