Monday, April 19, 2010

Teori Konspirasi "Antara Dugaan Dan Kenyataan"

Sebenarnya apa sih teori konspirasi...??? Ketika masyarakat ngga puas sama kenyataan yang mereka lihat,mereka cenderung membuat penjelasan-penjelasan sendiri sesuai pemikiran masing-masing. Dari situ lahirlah Teori Konspirasi,dimana meyakini bahwa suatu peristiwa ganjil pasti dilatar belakangi persengkongkolan kuat di belakangnya. Tapi harus hati-hati,karena tidak selalu apa yang kita pikirkan itu benar.

Dalam skala besar maupun kecil,dunia melahirkan jutaan teori konspirasi yang hidup dan berkembang di masyarakat. Kita seakan diberi pilihan,percaya atau ngga. Berpikir kritis sah-sah aja,tapi jangan sampe membuat bodoh diri kita sendiri.
Dan ini adalah beberapa contoh Teori Konspirasi skala besar yang menjadi perdebatan :

1. Pendaratan Manusia Di Bulan


Sebagian kalangan meyakini pendaratan di Bulan tidak benar-benar dilakukan oleh NASA. Pendaratan ini cuma sekedar film yang dibuat untuk menunjukan keunggulan Amerika Serikat atas Uni Soviet saat itu. Banyak pihak yang meragukan atas foto-foto dan video yang ada karena banyak keganjilan,contohnya bendera yang berkibar. Mengapa bendera bisa berkibar,padahal di bulan tidak ada udara.

2. Tsunami 2004

Bencana gempa bumi dan tsunami, 26 Desember 2004, dipercayai sebagai akibat percobaan nuklir India. Akibatnya sebagian wilayah Asia Selatan dan Tenggara tersapu tsunami yang menewaskan ribuan orang.

3. Kematian Lady Di

Kematian istri Pangeran Charles ini dipercaya sebagai persekongkolan pihak dinas rahasia Inggris karena tokoh monarki mereka berpacaran. Saat itu beredar rumor bahwa Lady Di menjalin hubungan dengan Emad Mohamed (Dodi) Al-Fayed,milyarder Inggris keturunan Mesir Arab.

4. Virus Pembunuh

Virus-virus yang berjangkit di dunia saat ini,seperti HIV,SARS,flu burung,dsb. Diyakini  sebagai hasil dari percobaan senjata biologi.

5. Serangan 11 September 2001

Peristiwa serangan teroris ini dipercaya sebagian orang merupakan rekayasa dari Pemerintah AS sendiri untuk memuluskan rencananya melakukan suatu operasi militer di wilayah Timur Tengah.

Percaya ngga prend...??? Terserah,boleh percaya atau ngga,karena semua itu cuma dugaan dari Teori Konspirasi. Tentunya kalian juga pernah atau bahkan sering memiliki dugaan and pandangan seperti contoh di atas walaupun cuma dalam skala kecil kehidupan sendiri kan,itulah Teori Konspirasi.

source: http://brian-rgt.blogspot.com/2010/04/teori-konspirasi-antara-dugaan-dan.html

No comments:

Post a Comment