Friday, April 9, 2010

Fosil Purba Makhluk Mirip Kutu




Fosil ini digambarkan tanpa cangkang dan menunjukkan bagian lembut, termasuk anggota tubuh dan mata. (Credit: David J. Siveter, Derek E. G. Briggs, Derek J. Siveter and Mark D. Sutton)

ScienceDaily (31 maret 2010) — Seorang geolog dari University of Leicester adalah anggota dari sebuah tim yang menggali seekor mahluk air purba mirip kutu berusia 425 juta tahun -- hanya sepertiga jenisnya ditemukan di batuan purba.

Professor David Siveter, dari jurusan geologi University of Leicester bekerjas sama dengan Professor Derek Siveter dari Oxford University Museum of Natural History, Professor Derek Briggs dari Yale University USA dan Dr Mark Sutton dari Imperial College untuk membuat penemuan langka ini.

Spesimen ini, yang ditemukan dalam batuan di Herefordshire, menunjukkan spesies baru ostracoda, dan dinamai Nasunaris flata. Seperti udang dan kutu air, ostracoda merupakan anggota kelompok Crustacea. Penemuan ini penting karena fosil ini ditemukan dengan bagian lunaknya terlestarikan di dalam cangkang.

Sekarang keturunannya melimpah, dan menghuni kolam, sungai dan danau dan banyak bagian laut dan samudera, muncul pertama kali sekitar 500 juta tahun lalu.

Ahli geologi menemukan ostracoda berguna untuk membantu mereka ulang lingkungan masa lalu - tipe ostracoda yang ditemukan dalam sampel batuan akan, sebagai contoh, membantu menentukan gambaran kondisi masa lalu seperti kedalaman air dan salinitas.

Studi ini diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B. dan dalam Planet Earth, jurnal online Natural Environment Research Council.

Professor David Siveter: "Sebagian besar fosil ostracoda hanya diketahui dari cangkangnya. Anda perlu kondisi khusus untuk melestarikan jaringan lunak - hanya ada dua contoh fosil ostracoda purba yang memiliki bagian lunak hewan ini yang terlestarikan bersama cangkangnya."

Professor Siveter dan koleganya mampu mengidentifikasikan fosil sepanjang 5 mm, badannya dan anggota di dalam cangkang, termasuk antena dan sepasang mata.

Ostracoda juga sangat terlestarikan sehingga tim ini berhasil mengenali organ Bellonci, sebuah struktur indera yang teramati pada spesies modern yang menonjol keluar mata tengah yang berada di depan kepala. "Ini pertama kalinya organ Bellonci diamati dalam fosil ostracoda," kata David Siveter.

Bila bagian lembut tidak terlestarikan, para ilmuan kemungkinan dapat salah identifikasi pada fosil berdasarkan cangkang saja, klaim Professor Siveter.

source: http://faktaevolusi.blogspot.com/2010/04/fosil-purba-mahluk-mirip-kutu-bagian.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment