Sunday, April 4, 2010

Banjir Dahsyat Sebabkan Zaman Es Mematikan



 
Ilmuwan telah menemukan pemicu kondisi iklim dingin yang tajam 13 ribu tahun lalu yang membuat Eropa masuk ke masa es.
Mark Bateman dari Universitas Sheffield di Inggris mengatakan bahwa bencana banjir dari danau raksasa di Amerika Utara menyebabkan sejumlah besar airnya tumpah ke lautan Arktik.

Hal tersebut menuntun kepada pengurangan pola sirkulasi aliran teluk yang menyebabkan kondisi hangat di Eropa.

“Kita membicarakan tentang sebuah danau yang seukuran Inggris menjadi kosong dengan sangat cepat,” ujar Bateman.

“Kami belum tahu periode waktu pastinya tetapi memang tentang bencana banjir.”

Temuan tersebut telah dikonfirmasi teori terdahulu yang menyebabkan periode pendinginan yang disebut Younger Dryas ketika temperatur di Eropa sama dengan kondisi hari ini, tiba-tiba berubah dengan sangat cepat menjadi kondisi era es. Periode dingin tersebut bertahan sekitar 1400 tahun lamanya.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa jika ada peletakkan sejumlah besar volume air segar ke Atlantik Utara dalam rentang waktu yang sangat cepat, itulah yang akan terjadi,” ujar Bateman. Timnya mempublikasikan dalam edisi terbaru jurnal Nature.

Arus teluk bertidak seperti sebuah sabuk pengaman yang membawa air hangat dari kawasan tropis ke Eropa. Sementara air asin dingin tenggelam di utara. 

Ilmuwan iklim khawatir pemanasan global yang tajam akan memicu peningkatan sejumlah besar es yang mencair di Greenland. Lonjakan gelombang air segar tersebut menimbulkan titik jenuh di perairan aliran teluk, menutupnya dan menyebabkan Eropa ke iklim dingin berkepanjangan.

source: http://www.inilah.com/news/read/2010/04/02/435002/banjir-dahsyat-sebabkan-zaman-es-mematikan/

No comments:

Post a Comment