Friday, June 4, 2010

Logo Google Berubah Untuk Dennis Gabor

Logo Google – Dennis Gabor
logo-google-dennis-gabor
Dennis Gabor dilahirkan di Budapest, 5 Juni 1900 – meninggal di London, 9 Februari 1979 (78 tahun) Dennis Gabor adalah fisikawan Britania Raya kelahiran Kekaisaran Austria-Hungaria (kini Hongaria) peraih Penghargaan Nobel dalam kategori Fisika pada 1971 dalam penemuan dan pengembangannya di bidang metode holografis.

Nama aslinya Gábor Dénes, dan mendapat pendidikan di Budapest and Berlin. Gelar diplomanya di Technische Hochschule Berlin pada 1924, dan Dr.-Ir. pada 1927. Kemudian Gabor join dengan Siemens & Halske AG. Setelah melarikan diri dari Nazi Jerman pada 1933, Gabor dijamu Inggris bekerja untuk pengembangan departemen British Thomson-Houston di Rugby, Warwickshire.

Tahun 1947, Dennis Gabor menemukan holografi, yang menghantarkannya memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada 1971. Holografi adalah ilmu yang memproduksi hologram, bentuk lanjutan fotografi yang memungkinkan gambar direkam dalam 3 dimensi. Sayangnya holografi tidak tersedia secara komersil sampai pengenalan "laser" pada tahun1960. Om Gabor ini juga ternyata pandai meneliti bagaimana manusia berkomunikasi dan mendengar; hasil penemuannya seperti teori sintesis granular, meski komponis Yunani Iannis Xenakis menyatakan, bahwa sebenarnya dialah penemu pertama teknik sintetis.

Sekitar tahun1948, Gabor pindah dari Rugby ke Imperial College London lalu pada tahun1958 menjadi profesor Fisika Terapan hingga pensiunnya pada 1967.

Dennis Gabor pernah mendapat Penghargaan Nobel, Gabor menjadi Anggota Royal Society London pada 1956, dan Anggota Kehormatan Akademi Ilmiah Hongaria pada 1964.

source: http://budihadmajaya.com/logo-google-berubah-untuk-dennis-gabor.html

No comments:

Post a Comment