Friday, June 25, 2010

8 Ikan Air Tawar Raksasa

Banyak temen di sekolah sya dan jg keluarga seringkali mengatakan kalo ikan air tawar itu kecil2 dan ga segede ikan air asin.. (emang sih kalo di pasar ikan, yg air laut biasanya lebih berat drpd ikan air tawar dan jg laut kan lebih gede)

tpi.. sekarang saya bakal kasi liat bbrp ikan air tawar yg cukup besar..
ikan ini jg sering dikejar2 oleh para pemancing professional seluruh dunia..

1. Arapaima gigas (a.k.a Pirarucu)

Ini ikan yg paling banyak diketahui sebagai ikan air tawar terbesar..
jg ada di TMII loh... Arapaima berhabitat asli di Sungai Amazon (jg sekarang ada di Malaysia, karena diimpor sebagai peliharaan).. dikenal penduduk setempat sebagai Pirarucu

Arapaima ini jg sekeluarga ama arwana.. ati2 ada kejadian jari orang dimakan ama ikan ini, jadi yg mo plihara ni ikan, handle with care! Ikan ini salah satu yg bisa diternak..

Panjang: 2 m (kabar burung blg bs nyampe 4.5m)
Berat: 100kg (dewasa)

nie gambarnyaaa...

dah ketangkep nee.. haha puas jg tuh nangkep ikan segitu gede



2. Tiger Fish (Hydrocinnus goliath)

Ikan ini hidup di sungai kongo. Kalo ketemu nie ikan, bs dibilang ini ikan paling syereeeem... giginya sangat tajam dan digunakan buat nangkep mangsanya..
karena sungai kongo itu sungai yg sangat ganas alirannya, ikan ini jg lmyan besar dan hebatnya dia bisa survive di sungai itu..

Varian paling gede itu dikenal sebagai Tigerfish goliath.. jg dikenal sebagai trophy paling terkenal bagi kalangan para pemancing.. Terus ikan ini jg perlu pancingan yg kuat..

mikir brp kali ya buat mancing ni ikan?? :takut:takut

Pnnjang:2m
Berat: 50kg

Nieeee..... giginyaaaa


mancing ni ikan mikir 7x saya.. tangan takut ilang.. :takut


3.Pangasianodon gigas (Lele Mekong)

lele.. siapa yg ga suka ikan lele? mnurut saya ikan lele dagingnya paling enak.. apalagi pecel lele..yumm..:p tpi kalo lelenya segede gini gmana ya?



lele ini hdup di sungai Mekong di Thailand.. Thailand jg terkenal sebagai rumah bagi para monster sungai2 ini.. Ada 2 spesies yg bakal saya terangin.. salah satunya ni lele... Sayangnya lele ini terancam punah dan sudah mulai dikonservasi pemerintah setempat..

Para pemancing professional jg sekarang mulai aktif untuk memancing dan melepaskan kembali ikan hebat ini..

Panjang 3m
Berat 150-200kg



4. Sawfish (Anoxypristis cuspidata)
Hihi.. ini saya inget kalo waktu saya kecil nie ikan paling menarik perhatian di TMII Akuarium Ikan Air Tawar.. tpi kunjungan terakhir saya ke TMII ikan ini ga ada (entah dipindahkan atau...>.<) Ikan ini memang unik dan terkesan menyeramkan.. Jg termasuk salah satu famili hiu..
chainsawnya digunain buat ngais makanan yg di pasir dasar sungai..

Ukuran : beberapa jenis bs nyampe 5.8m (rumor 9.4m)
Berat: 2,4 ton (world record)

nie gambarnyaa..

eh salah.. ini mah si Coach megang senjata melee terkuat di L4D.. :P
ni gambar benernya..


5. Alligator Gar (Atractosteus adamantinus)

Ikan digabung ama buaya..
Alligator Gar pernah menjadi terror di Amerika karena adanya report serangan terhadap anak kecil sampai kehilangan kakinya... Namun, setelah adanya penelitian, Alligator Gar malah tidak terkesan agresif untuk manusia.. namun malah menjauh dan takut pada manusia...

Alligator Gar pernah sempat jadi peliharaan di Indonesia (versi spesies kecilnya) dan pernah saya liat diberi makan ikan cere di toko ikan. Berkat moncongnya yg panjang, Alligator Gar memakan mangsanya seperti kinerja sumpit dan moncongnya lebih mirip Gavial ketimbang Alligator (gavial: buaya moncong pipih di India)

Habitat: Sungai2 Amerika (Mississippi)
Panjang : Record: 3 m
Berat : 166kg (world record)

ada yg mau digigit?


kepala orang muat kayaknya tuh..hihihi


nie world recordnya (taon 1900-an jadi masih item putih)



6. Ikan Pari Thailand


ni ikan pari sempet jadi berita besar, sebagai ikan pari terbesar kedua di dunia setelah Manta Ray... Jg sempet masuk National Geographic..

Ikan Pari Thailand jg dikenal sebagai ikan yg cukup mengagumkan dan jg ekornya yg sangat beracun.. Rekor mengatakan beratnya 450kg.. dengan rentang sayap berdiameter 2.1m

nie gambarnyaaa


7. White Sturgeon (Ikan Dinosaurus)

Sturgeon adalah ikan paling terkenal di daerah Amerika..karena telurnya bakal jadi makanan paling mahal sedunia, yakni Caviar..karena perburuan, ikan ini terancam punah. Demikian jg bendungan disungai amerika mempengaruhi hidup mereka.. Ikan ini jg terkenal sebagai fosil hidup. badannya jg bagus..
White Sturgeon mengalami degradasi ukuran karena habitatnya terganggu

Ukuran
dulu : 8-12 m
sekarang: 4-5 m

berat: 900 kg

nie gambarnyaaa, ehehehe...


Jadi selamatkan White Sturgeon para agan2 yg di amrik! hehehe...

8. Nile Perch
Ikan ini sempet di game Playstation, yakni Fisherman's Bait 2 dengan modifikasi menjadi Pharaoh Perch (modifikasinya agak lebai, ikannya jadi warna emas terus dikasih tanduk) Sebenarnya Nile Perch sekeluarga ama ikan kakap di Indonesia. Tapi karena perjuangannya berat dan sungainya panjang (ama banyak buaya jg) ikan ini jg mengalami pembesaran ukuran...

Ukuran: 1.5 meter
Berat: 250kg

Ikan Raksasaaaa!!!





Hehe..
Itulah 8 ikan air tawar
meski gbs ngalahin ikan-ikan air laut raksasa
kayak Manta Ray, Ikan Hiu Paus

tapi tentunya ikan2 ini bakal memberikan tantangan besar bagi para hobiis dan pemancing..

source: http://www.kaskuserz.com/forum/8-Ikan-Monster-Air-Tawar

No comments:

Post a Comment

Post a Comment