Thursday, June 17, 2010

Ternyata Jabulani Bola Terburuk di Piala Dunia



JOHANNESBURG – Jabulani kembali menuai kritikan tajam dari para tim peserta Piala Dunia karena kualitasnya yang tidak memenuhi standar.  Pelatih Inggris Fabio Capello pun mengklaim Jabulani adalah bola terburuk yang pernah dilihatnya.

Jabulani adalah nama yang diberikan untuk bola resmi Piala Dunia di Afrika Selatan. Jabulani sendiri mempunayi arti “to celebrate” (untuk merayakan). Namun sepertinya arti nama itu berbanding terbalik dengan kenyataanya saat ini.

Peristiwa blunder yang dilakukan oleh beberapa kiper akibat sulitnya untuk mengendalikan bola, maka tak heran jika bola keluaran Adidas itu menuai banyak kritikan pedas. Tak terkecuali dari mantan pelatih Real Madrid itu.

Menurut pandangan Capello, bola tersebut adalah bola terburuk saat ini dan mempunyai efek yang sangat merugikan bagi para pemain maupun kiper.
“Untuk pemain, bola itu sangat buruk dan juga bagi kiper yang tidak selalu kesulitan mengantisipasi pergerakannya,” ujarnya kepada BBC.

“Terkadang masalah terbesarnya adalah sulit untuk mengontrolnya. Akan sangat baik jika kamu bermain bola pendek, namun ketika mencoba bola panjang sangat sulit memahami bagaimana pergerakannya,” lanjutnya.
 
Tidak hanya capello, pelatih Pantai Gading Sven Goran Erikson juga turut mempertanyakan kualitas bola itu. “Sudah telat untuk melakukan sesuatu untuk bola tersebut di Piala Dunia. Ini pelajaran untuk pertandingan besar berikutnya. Seharusnya didiskusikan dan semua orang mendengarkan saran kiper terbaik dunia,” ujar Erikson.

source: http://dalmuji.wordpress.com/2010/06/18/ternyata-jabulani-bola-terburuk-di-piala-dunia/

No comments:

Post a Comment