Monday, June 21, 2010

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami



Makanan yang kita makan sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan kita. Secara tradisional China prinsip utama adalah makan secara teratur pada waktu tertentu. Seringkali kita makan , saat tubuh kita sama sekali tidak membutuhkannya, saat pencernaan kita tidak mempunyai cukup asam lambung untuk mencerna makanan. Jadinya makanan tidak tercena dengan baik . Pengalaman menunjukkan bahwa makanyang tidak teratur menimbulkan berbagai masalah pencernaan.

Beberapa saran berikut , dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan pencernaan anda :

1. Janganlah makan berlebih, hal ini dapat membantu pencernaan anda agar mampu mencerna seluruh makanan dengan baik
2. Jangan mengunyah makanan terlalu cepat , karena hal ini tidak memberikan kesempatan pencernaan anda cukup waktu untuk mencerna
3. Hindari makan di tengah malam. Karena hal ini membuat tubuh menggunakan energi Yin ( karena malam yang bekerja adalah energi Yin ) , dan makanan tidak diproses lagi saat malam.
4. Diet yang berlebihan mengakibatkan kelemahan pada pencernaan dan limfa anda.
5. Makan saat berjalan atau berdiri tidak dianjurkan , karena akan mengakibatkan sumbatan energi pencernaan anda.
6. Makan saat stress atau kuatir , sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan nyeri perut dan mual. Begitu juga dengan makan saat marah .Bilaanda sering menderita kelainan pencernaan dapat disediakan di rumah anda , beberapa sediaan berikut : minuman yang berisi lactobacillus ( banyak tersedia di supermarket ), peppermint, chamomile dan teh herbal jahe.

Beberapa makanan menurut pengobatan China yang dapat menguatkan pencernaan anda :

1. Padi-padian
2. Kentang manis, dikatakan dapat memperkuat organ dalam dan menguatkan energi tubuh, ubi rambat,
3. Labu kuning mempunyai kandungan tinggi berbagai mineral dan vitamin , termasuk vitamin A, Kalsium, Kalium, magnesium dan fosfor.

Posisi duduk dan bekerja berlebihan dapat melemahkan meridian limfa dan pencernaan. Jalan pagi secara teratur dapat membantu pencernaan .Anda dapat juga mencoba latihan Peregangan terhadap meridian limpa dan usus/pencernaan . Peregangan ini dilakukan dengan posisi lutut menekuk dan badan kepala menengadah ke belakang ( mata menghadap langit-langit ) dan ditumpu dengan tangan menahan dilantai .

Tetaplah tulang belakang anda meregang. Hiruplah udara dan tumpukan berat badan anda pada kedua tangan anda. Hembuskan nafas anda perlahan , jatuhkan kepala anda kebelakang dan selalu dalam keadaan rileks. Pastikan otot –otot anda menjadi hangat setelah melakukan peregangan selama 10 menit. Saat anda melakukan pertama-tama mungkin akan sulit, setelah seminggu sampai sebulan anda akan terbiasa untuk melakukannya.

source: http://www.untukku.com/artikel-untukku/cara-menjaga-kesehatan-pencernaan-secara-alami-untukku.html

No comments:

Post a Comment