Monday, June 7, 2010

Balon Nasa Jatuh Di Pedalaman Australia


Pengamat terpaksa berlarian untuk menyelamatkan hidup mereka hari ini ketika peluncuran balon raksasa di ruang Outback Australia mengalami kegagalan. Balon seharga jutaan pound bersama dengan muatan berat peralatan ilmiah robek dari udara dan berbelok menyeberangi padang pasir, membalikkan sebuah SUV.

Seorang saksi mengatakan ia merasa beruntung masih hidup setelah mobil ukuran gondola tak berawak tergantung di bawah balon berbelok di luar kendali ke dalam kendaraan yang diparkir di sebelah miliknya di lokasi peluncuran di Alice Springs.

Balon itu merupakan bagian dari proyek penelitian para akademisi dan mahasiswa di University of California, Berkeley, dan beberapa universitas Taiwan dirancang untuk mempelajari sinar gamma di ruang angkasa dari 25 mil di atas bumi.

Balon besar yang dipenuhi dengan udara, robek dari mooring dan diseret di padang pasir, menabrak dan meruntuhkan sebuah kendaraan four-wheel-drive dan hancur menjadi puing diparkir di area yang luas. Tidak ada korban dalam kecelakaan, yang ditangkap pada video oleh kru televisi Australian Broadcasting Corporation film.


Pasangan Stan dan Betty Davies berada di dalam mobil mereka ketika gondola patah bebas dan datang meluncur ke arah mereka, memukul kendaraan di samping mereka. “Kami sedang duduk di dalam mobil kami dan mempersiapkan untuk memindahkannya dari jalan dan kami sangat dekat hanya satu kaki dari kehancuran,” Ny Davies mengatakan kepada ABC.


Penyebab pasti kecelakaan itu tidak segera diketahui, meskipun diduga embusan angin. Ravi Sood, seorang astrofisikawan dari Universitas New South Wales yang mengawasi peluncuran balon, mengatakan perubahan kondisi angin cepat dapat menyebabkan kesulitan untuk meluncurkan balon besar tersebut. Peralatan segera diamankan dari tempat dan Mr Sood mengatakan tim berharap untuk mencoba lagi bulan depan untuk menerbangkan balon.

source: http://dunia-panas.blogspot.com/2010/05/balon-nasa-jatuh-di-pedalaman-australia.html

No comments:

Post a Comment