Thursday, June 24, 2010

7 Spesies Pohon Yang Tidak Bisa Dipanjat



Silk Floss Tree (Ceiba Speciosa)



Berasal dari hutan subtropis Amerika Selatan, Pohon Silk Floss kini tersebar luas di seluruh Florida selatan, dan dihargai untuk bunganya yang indah. Tapi untuk mendapatkan bunga-bunga yang berharga ini jelas bukan tugas mudah, karena duri raksasa menutupi hampir semua batang dan cabangnya.





Kapas di dalam polong bunga digunakan untuk
mengisi bantal, dan kayu dari pohon silk floss digunakan untuk kemasan, dan untuk pembuatan kertas. Tapi pohon berduri ini yang paling sering ditanam untuk keperluan pajangan, di sepanjang jalan kota. 

  Hercules Club (Aralia Spinosa)




Nama pohon ini khusus diberikan untuk pohon tua berduri kerucut yang batang dan cabangnya terlihat seperti tongkat. Hercules Club adalah pohon asli Amerika Utara, dan tersebar di bagian timur benua.





Duri besar dari pohon ini tidak akan terlihat sebagai ancaman bagi pendaki-pohon yang berpengalaman, tetapi jika Anda melihat lebih dekat, setiap pohon memiliki ujung yang tajam yang dapat menyebabkan rasa sakit. pohon ini seperti terbentuk sebagai mekanisme pertahanan terhadap hewan perumput yang pernah menguasai wilayah itu
:
 Honey Locust (Gleditsia triacanthos)



Sama seperti Hercules Club, pohon Honey Locust adalah asli Amerika Utara bagian timur, dan dapat dilihat dari Dakota Selatan ke New Orleans selatan dan pusat Texas. Pohon ini benar-benar menarik, dengan durinya yang sepanjang 3-4 inci dapat menyebabkan luka serius jika Anda tidak hati-hati. Duri-durinya hanya tumbuh pada batang dan cabang yang lebih rendah, yang mungkin berarti mereka berevolusi sebagai mekanisme pertahanan terhadap hewan pemanjat.




Duri dari Honey Locust sering menyebabkan cedera kaki, karena mereka bisa menusuk melalui sepatu. Dan juga, jika Anda melewati salah satu pohon-pohon ini, kemungkinan besar kendaraan yang anda bawa mengalami pecah ban. Beberapa bahkan mengaku telah melihat burung besar tertusuk oleh duri pohon Honey Locust.
Kapok (Ceiba pentandra)


Pohon kapuk adalah pohon tropis, asli Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Bangsa Maya menganggap bahwa pohon suci ini menegakkan dunia, dengan akar yang turun ke bawah. Pembakar dupa Kuno dan guci pemakaman menemukan spesies ini di daerah Maya, dengan Kapuk yang bermotif tajam , di sisi atas dan bawahnya.



Serat yang dikandung oleh bunga-bunga Kapuk digunakan untuk mengisi kasur, bantal, mainan boneka, minyak biji dan digunakan dalam pembuatan sabun, serta permen karet.  duri tajam pohon ini akan tumbang karena usia.
 source: http://rian-online.blogspot.com/2010/06/inilah-7-jenis-pohon-yang-tidak-bisa.html

No comments:

Post a Comment