Wednesday, April 14, 2010

LM Montgomery , Penulis Kesepian Yang Akhirnya Bunuh Diri


Lucy Maud Montgomery (dipanggil Maud oleh keluarga dan teman-temannya), dikenal publik sebagai LM Montgomery, seorang penulis Kanada yang terkenal karena serangkaian novelnya yang dimulai dengan Anne of Green Gables, diterbitkan pertama kali pada tahun 1908.

Setelah diterbitkan, Anne of Green Gables ini langsung sukses. Karakter sentral, Anne, seorang gadis yatim piatu, membuat hidup Montgomery terkenal di dunia internasional. Novel pertamanya kemudian diikuti serangkaian sekuel dengan Anne sebagai tokoh utama.

Lucy Maud Montgomery dilahirkan di Clifton, Prince Edward Island pada tanggal 30 November 1874. Ibunya, Clara Woolner Macneill Montgomery, meninggal karena penyakit TBC pada saat Maud berumur kurang dari 2 tahun. Terserang kesedihan atas kematian istrinya, Hugh Montgomery memberikan hak asuh kepada kakeknya. Pada usia tujuh tahun, dia pergi ke Cavendish untuk tinggal dengan kakeknya yang membesarkannya dengan cara ketat dan tidak kenal ampun. Kehidupan awalnya di Cavendish sangat kesepian. Meskipun banyak memiliki teman dekat, tetapi masa kecilnya dihabiskan sendirian. Di saat itulah dia menciptakan dunia dan teman khayal, yang mengembangkan pikiran kreatifnya.

Pada bulan November 1890, pertama kalinya tulisan Montgomery diterbitkan di koran Charlottetown, harian Patriot. Pada tahun 1893, setelah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di Cavendish, ia meneruskan pendidikannya di  Prince of Wales College, Charlottetown. Dia menyelesaikan program 2 tahunnya hanya dalam 1 tahun dan mendapatkan sertifikat mengajar. Pada tahun 1895 dan 1896, ia belajar sastra di Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia. 

Sejak meninggalkan Dalhousie, Montgomery mengajar di sekolah-sekolah berbagai pulau. Dia tidak menikmati karir  mengajarnya. Awal tahun 1897, cerita pendeknya mulai diterbitkan di beberapa majalah dan surat kabar. Sebuah bakat yang produktif, Montgomery membuat lebih dari 100 cerita yang diterbitkan dari tahun 1897 sampai 1907. 

Dilaporkan bahwa Montgomery meninggal karena gagal jantung di Toronto. Namun, diungkapkan oleh cucunya, Montgomery menderita depresi dan mengakhiri hidupnya sendiri dengan bunuh diri. Tapi ada pendapat lain mengatakan bahwa catatan bunuh diri yang ditemukan sebenarnya tulisan yang akan ditambahkan ke jurnal dan tidak seharusnya menjadi catatan bunuh diri.

Secara keseluruhan, selama hidupnya Montgomery telah menerbitkan 20 novel, lebih dari 500 cerita pendek, otobiografi, dan sebuah buku puisi. Prestasi yang sangat mengagumkan!
source:  http://kutubuku-onnet.blogspot.com/2010/04/lucy-maud-montgomery-masa-kanak-kanak.html

No comments:

Post a Comment