Saturday, April 10, 2010

Laser Untuk Pertempuran Udara


Baru-baru ini,sebuah pesawat berhasil nembakin laser berkekuatan beberapa megawatt. Laser itu dinamai Airborne Laser (ABL) and ditembakin dari pesawat statis yang menembak sasaran beberapa meter di bawahnya.

Airborne Laser dikembangkan oleh perusahaan Boeing Lockhead Martin dan  Northrop Grumman. Studi laser ini membutuhkan waktu 12 taun dengan biaya AS $ 4,3 miliar. Laser ini dipake buat menangkis serangan rudal Scuds dan mampu menghancurkan rudal tersebut. Dalam pengembangan,ABL dapat digunakan buat rudal darat ke udara,rudal penjelajah,and menghancurkan pesawat.

 Dengan kemampuan itu,gak mustahil nantinya bakal ada perang udara pake laser.Bahkan pembuat Airborne Laser sekarang sedang memodifikasi senjata laser buat perang udara.Analis militer AS sangat antusias and pengin mendayagunakan ABL lebih jauh sebagai senjata antisatelit yang punya jarak jangkauan ratusan kilometer.

Selain ABL,sebenernya udah ada senjata laser lain yang lagi dikembangkan yaitu Advanced Tactical Laser (ATL) yang dikembangkan oleh Angkatan Udara AS and Boeing.Senjata chemical laser yang ukurannya lebih kecil dari ABL ini juga dipasang di pesawat angkut militer dan helikopter besar. ATL menggunakan invisible infrared berdaya 300 kW dengan lebar sinar 0,5 m,sehingga gak keliatan mata telanjang,yang dirancang buat menghancurkan infrastruktur dalam jangkauan 10 km.


source: http://brian-rgt.blogspot.com/2010/04/laser-buat-perang-udara.html

No comments:

Post a Comment