Monday, April 19, 2010

Kalimantan Adalah Pulau Teraman Dari Gempa




Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) menyatakan dari lima pulau besar yang ada di Indonesia hanya Pulau Kalimantan saja yang aman dari guncangan gempa.

Kepala Badan Geologi DESDM R Sukhyar mengungkapkan, bebasnya Kalimantan dari gempa karena wilayah pulau itu jauh dari titik-titik pusat gempa dan interaksi tektonif aktif. Tidak seperti Sumatera dan Jawa yang ada di garis patahan.

“Jadi wilayah Indonesia yang paling aman ya Kalimantan,” ujar Sukhyar dalam konperensi pers tentang gempa bumi di Gedung DESDM, Jakarta, 8 September 2009.

Namun, katanya, ada satu wilayah di Kalimantan yang berpeluang terkena gempa, meski kecil, yaitu Kalimantan Timur. Sukhyar juga menjelaskan pihaknya tidak dapat memprediksi wilayah-wilayah mana lagi yang berpotensi terjadi gempa besar.

“Kendala kita tidak tahu kapan terjadinya gempa serupa, besaran dan lokasi apakah sama atau tidak,” tuturnya.

Cara yang paling mungkin dilakukan guna mencegah terjadinya dampak yang besar pada peristiwa gempa, menurut dia, di antaranya melakukan mitigasi pencegahan bencana, sosialisasi kepada masyarakat, bangunan-bangunan harus memenuhi standar keamanan serta pelatihan-pelatihan evakuasi.

source:vivanews.com

No comments:

Post a Comment