Saturday, April 17, 2010

Gunung Berapi Eyjafjallajokull di Eropa Meletus



Penerbangan-penerbangan Eropa banyak yang harus dibatalkan karena letusan gunung di kawasan gletser Eyjafjallajokull, Islandia, Rabu. Letusan ini menimbulkan asap tebal di langit dan menimbulkan masalah bagi warga di mancanegara. Kepulan asap abu dari letusan itu hingga akhir pekan ini menyebabkan jadwal penerbangan komersil dibatalkan di banyak negara, sebagian besar di kawasan Eropa. Menurut beberapa sumber, asap tebal ini bisa bertahan sampai 1 bulan.

Eyjafjallajokull volcano in Iceland (16 April 2010)

Akibat banyaknya penerbangan yang dibatalkan, banyak warga dunia yang rencananya menjadi kacau karena mereka terpaksa menangguhkan rutinitas maupun rencana yang sudah mereka buat. 

Sebagai contoh Dino Patti Djalal, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internsional juga sedang terdampar di Jerman saat ini .  Dino waktu itu rencananya akan mengadakan perjalanan pulang ke Jakarta setelah kunjungan kerjanya di New York dan Washington DC, Amerika Serikat. Disana Dino mendampingi Wapres Boediono dalam menghadiri Nuclear Securiy Summit (NSS). Dirinya tidak terbang bersama rombongan utama dalam perjalanan kembali ke Indonesia. Pesawat Lufthansa yang awalnya mau dinaikin Dino membatalkan penerbangan nya dan pihak penerbangan kesulitan mencari hotel untuk seluruh penumpangnya. Karena selain penumpang Lufthansa, penunmpang penerbangan lain juga sangat banyak yang terdampar.

GB


Contoh lain adalah seorang ibu di Rumania, Nancy Price, khawatir dirinya tidak akan bisa menghadiri pernikahan putra mereka di Texas, Amerika Serikat (AS). Nancy, yang merupakan warga Amerika, tadinya dijadwalkan terbang dari Bukares menuju Munich (Jerman) sebelum akhirnya menuju AS untuk menghadiri ibadah pernikahan putranya, yang berlangsung hari Sabtu. Situasi pun bisa bertambah runyam karena pendeta yang bakal memimpin ibadah pernikahan putra Nancy ternyata juga sedang berada di Inggris, negara yang juga terkena dampak asap tebal dan menerapkan larangan terbang di negaranya. "Bagaimanapun juga kami tetap berkemas-kemas," kata si pendeta, Bert Clayton. 

Selain itu, para pasien di Nigeria masih menunggu datangnya tim dokter yang akan merawat mereka. Pasalnya, tim beranggotakan 30 dokter yang bertolak dari AS direncanakan singgah di Bandara Frankfurt, Jerman, sebelum meneruskan perjalanan ke Nigeria. Namun, otoritas di Bandara Frankfurt masih menutup semua layanan penerbangan.  

Passengers infront of an information board at Sofia airport (16/04/10)

Para pelaku industri penerbangan pun merugi ratusan juta dolar setiap hari karena ribuan pesawat yang seharusnya telah mengangkut jutaan penumpang dalam tiga hari terakhir tidak kunjung berangkat karena asap abu yang gentayangan di langit bisa membahayakan jiwa mereka. 

GB

Tidak hanya mengangkut penumpang, banyak pesawat juga rutin membawa barang-barang dagangan yang menjadi lahan penghidupan banyak pebisnis. Seorang tukang bunga di New York pun resah menanti pasokan barang dari Belanda yang belum datang. 

GB

Padahal, pedagang itu sudah menerima banyak pesanan bunga untuk menjadi hiasan berbagai pesta di akhir pekan. "Kami harap situasi ini tidak berlangsung terlalu lama," kata Andrew D'Amore, pedagang toko kembang Fischer and Page.

David Pilat, pedagang ikan di Whole Foods Market di New York, juga khawatir bahwa kiriman ikan salom dari Eropa bakal terlambat datang. Pasalnya, selama ini dia mengandalkan layanan kargo lewat udara. (Associated Press/umi)


source: http://www.melonproperty.com/blog/in/Gunung-Eyjafjallajokull-meletus

No comments:

Post a Comment