Monday, April 19, 2010

Beginilah Proses Racun Ular Menghilangkan Jari Manusia



Bisa ular sangat beragam, ada yang masih bersifat ringan hingga tidak terlalu berpengaruh pada aliran darah dan kondisi tubuh, ada yang sangat mematikan. Salah satu jenis racun (bisa) ular yang sangat mematikan adalah jenis racun Botsurinusutokishin yang benar benar membuat manusia dengan cepat meregang nyawa. Betapa tidak dalam hitungan waktu menit bahkan detik manusia akan terancam jiwanya dengan hanya dosis 0,001 ml.



Biasanya jenis racun ini dimiliki oleh jenis ular cobra atau kalajengking jenis tertentu, sungguh mematikan. Salah satu dampak lain kalaupun korban gigitan terselamatkan maka bisa dipastikan bagian yang tergigit bakal cacat dalam waktu yang sangat singkat. Mengerikan memang, semoga saja kita dan keluarga tidak akan pernah mengalami hal mengerikan seperti ini.













Bila ada diantara pembaca atau teman Anda yang kena gigitan ular perhatikan beberapa tips berikut ini:

Mengikat dengan keras bagian tubuh (di atas/bawah) yang kena gigit- menoreh bagian tubuh yang kena gigit- mengisap darah pada bagian tubuh yang kena gigit- atau membawanya ke tempat dukun ular/pawang ular
Hal-hal yang dilakukan tersebut tidak sepenuhnya salah cuman barangkali perlu lebihdilakukan dengan cara yang lebih baik.

Pada saat dalam kepanikan karena digigit oleh ular apalagi telah diketahui bahwa ulartersebut sangat berbisa, maka kadang-kadang orang tidak lagi berpikir secara rasionalkarena stress dan karena pengaruh dari racun ular tersebut.

- Tenang jangan panik !!

- Tidak terlalu banyak bergerak apalagi menggerakkan bagian tubuh yang kena gigitan ular- sedapat mungkin mengidentifikasi jenis ular yg menggigit, kalau tahu nama sebenarnya akan jauh lebih membantu, kalaupun tidak jangan dipaksakan mengejar ular tersebut nantimalah bisa digigit dua kali lagi..he..he…

- Jangan ditoreh/dilukai/dirobek- KALAU masih memungkinkan segera setelah kena gigit bagian tubuh yang kena gigit dihisap kuat dengan alat-alat tertentu sepert “extractor” asalkan tidak melukai atau dan jangan melakukan hisapan dengan mulut karena berbahaya dan bisa terminum/masuk kedalam mulut.

- Bersihkan bagian tubuh yang kena gigit dengan antiseptik untuk mengindari infeksi, karena dalam beberapa kasus, bahaya infeksi malah jauh lebih berbahaya dari racun ular itu sendiri.

- Ikat atau balut di atas dan dibawah bagian tubuh yang kena gigit dengan perban, tetapijangan terlalu kencang, rasakan saja sendiri untuk sedikit memperlambat peredaran darahtetapi tetap bisa mensuplai darah.

- Kemudian setelah itu harus segera di bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untukperoleh pertolongan lebih lanjut.
Pada banyak kasus-kasus gigitan ular, sebagian dari mereka ada yang tidak sadar kalau mereka itu telah digigit oleh ular yang sangat berbisa sehingga tidak melakukan pengobatan dan kemudian karena tidak ada pertolongan sama sekali akhirnya meninggal dunia.

Biasanya ular yang menggigit tersebut adalah jenis ular yang mempunyai bisa neurotoxin ,dimana pengaruh dari racun ini adalah terkadang tidak menimbulkan rasa sakit tetapi menyerang susunan saraf sehingga menimbulkan rasa kecapean,ngantuk tertidur untuk tidak terbangun lagi Contoh ular yang memiliki neorotoxin adalah ular weling (bungarus candidus ) dengan warna belang hitam – putih.

sedangkan ular yang memiliki bisa hemotoksin seperti ular hijau ekor merah ( trimeresurus albolabris) cendrung lebih mudah dilakukan pertolongan. Karena itu pengetahuan tentang jenis-jenis ular terutama yang berbisa sangat penting dancara penanganan P3K juga perlu lebih disosialisasikan…

Perlu adanya yayasan atau rumah sakit yang secara khusus care tentang masalah ini terutama di daerah-daerah yang rawan dengan ular berbisa spt; papua dan sekitarnyaAkan banyak nyawa yg akan tertolong jika ketersediaan anti bisa, harga terjangkau dan orang/dokter yang ahli di bidang ini.
Tips Mengatasi Gigitan Ular diambil dari Satwaunik.com




source: http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?p=493934#post493934

No comments:

Post a Comment