Saturday, April 10, 2010

10 Cara Mengatasi Stress



Stress bisa dialami oleh semua orang, anak-anak, dewasa maupun orang tua, bahkan binatang pun bisa mengalami stress, namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya. Berikut 10 cara bagaimana jika kita mengalami stress :

1. Latihan pernafasan
Latihan pernafasan dapat dilakukan dengan cara anda mengambil posisi yang nyaman untuk memejamkan mata dan anda hanya fokus tarikan nafas. Tarik nafas perlahan melalui hidung, rasakan diafragma anda bergerak sampai jantung dan begitu seterusnya hingga anda merasa santai. Tarik nafas melalui mulut, rasakan stres lepas dari tubuh anda. Setiap tarikan lakukan selama 6 menit. Luangkan 3 menit secara perlahan melalui hidung dan 3 menit lain secara perlahan melalui mulut. Lakukan 5-10 menit seperti itu dan anda akan merasa lebih rileks dari sebelumnya.

2. Melakukan relaksasi imagery
Anda mengambil posisi senyaman mungkin dan mulai menarik nafas perlahan sampai anda merasa tenang. Kemudian anda mulai membayangkan anda berada di tempat yang membuat anda merasa nyaman dan bebas dari situasi yang membuat anda merasa tertekan. Terus bayangkan situasi yang membuat anda merasa lebih santai dari sebelumnya.Relaksasi imagery juga bisa dilakukan sebelum anda melakukan sesuatu hal yang membuat anda cemas, misalnya sebelum presentasi atau diminta untuk berpidato.

3. Minum teh hijau
Mencoba membiasakan meminum teh hijau pada pagi hari akan membuat anda merasa lebih merasa santai dan segar sehingga anda bersemangat untuk menjalani aktifitas.

4. Mendengarkan musik
Duduk dengan tenang sambil mendengarkan lagu kesukaan merupakan hal yang sangat menyenangkan dan membuat anda merasa lebih santai. Hilangkan pikiran negatif dan hanya berpikir mengenai musik yang anda dengarkan. Mencoba untuk memutar musik dengan pikiran positif akan membuat anda merasa lebih santai.

5. Merendam kaki/seluruh badan dengan air hangat (hydrotherapy/terapi air)
Tuangkan garam secukupnya ke dalam air hangat kemudian tambahkan sedikit aroma terapi jika anda ingin merasakan senasi yang lebih dari aktifitas tersebut. Putar musik yang berirama lembut dan duduk dengan nyaman di kursi sambil merendam kaki/seluruh badan dalam air hangat yang telah di beri garam dan aromaterapi.

6. Melakukan pijatan
Pijatan dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat membantu anda mengurangi tekanan yang sedang anda alami.

7. Meditasi sebagai cara untuk bersyukur
Bersyukur merupakan suatu cara untuk menghindari kita dari stres. Dengan bersyukur kita akan selalu berpikir positif sehingga ikhlas menjalani semua pekerjaan.

8. Makan coklat
Coklat melepaskan phenylethylamine dalam otak yang menyebabkan perubahan dalam tekanan darah dan tingkat gula darah untuk merasakan kesenangan, meningkatkan mood dan mengurang depresi.

9. Terapi tawa
Menurut penelitian terapi tawa dapat mengurangi depresi dan stress, meningkatkan interaksi sosial dan merubah suasana hati menjadi lebih baik. Terapi tawa dapat mengurangi mengurangi hormon stres (epinephrine & cortisol), meningkatkan hormon endorphin sebagai penghilang rasa sakit alami serta menambah oksigen.Tertawa 100 kali sehari sama dengan melakukan jogging selama 10 menit.

10. Bersosialisasi atau melakukan hal yang menyenangkan
Tuntutan pekerjaan terkadang menyita waktu kita sehingga kita tidak mempunyai banyak waktu untuk bercengkrama dengan orang lain sehingga anda terkungkung dalam dunia sendiri dan rutinitas. Bertemu dengan teman atau keluarga dapat membantu anda melupakan sejenak pekerjaan atau masalah yang sedang dihadapi sehingga membuat anda merasa lebih santai. Selain berkumpul dengan teman, anda juga mungkin bisa jalan-jalan ke tempat yang belum anda kunjungi sebelumnya.

source: http://lifehacks.web.id/10-cara-mengatasi-stress

No comments:

Post a Comment