Sunday, March 14, 2010

ZINK, Printer Warna Tanpa Tinta



Printer ZINK adalah printer yang didesain dengan menggunakan teknologi ZINK (Zero Ink) Imaging. Teknologi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan teknologi bernama Polaroid yang bertempat di North Carolina, AS. Rencananya perusahaan Polaroid akan meluncurkan dua produk pertama mereka yakni Mobile Photo Printer dan Integrated Digital Camera and Printer.
Hal yang istimewa dari dua produk keluaran Polaroid diatas adalah penemuan teknolog printer yang tidak menggunakan tinta cair, melainkan menggunakan teknologi yang mirip dengan faksimile yakni panas dimanfaatkan untuk mengubah molekul-molekul di permukaan kertas menjadi tampilan gambar dan melelehkan kristal cyan, kuning, dan megenta di permukaan kertas sehingga menghasilkan warna dengan komposisi berbeda-beda.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan kertas foto khusus ZINK, kertas yang berlapis kristal mengkilap yang berisi partikel – partikel warna. Mobile Photo Printer sendiri akan dirilis sekitar bulan Maret 2008 dengan harga 150 dollar AS, printer ini nantinya mampu mencetak kertas berukuran maksimal 5 x 7,5 centimeter langsung dari kamera digital atau ponsel melalui koneksi bluetooth atau USB.

source: http://valensikautsar.blogspot.com/2009/03/zink-printer-warna-tanpa-tinta.html

No comments:

Post a Comment