Sunday, March 14, 2010

Penelitian Jenis Kelamin Tumbuhan



Ilmuwan berhasil menemukan hormon seks wanita progesteron di pohon kenari. Penemuan ini mengguncang pengetahuan perbedaan antara tanaman dan hewan.

Sampai sekarang, ilmuwan berpikir hanya binatang yang bisa membuat progesteron. Hormon Steroid yang dikeluarkan oleh ovarium, progesteron berfungsi mempersiapkan rahim untuk kehamilan dan mempertahankan kehamilan.

Sebuah versi sintetis, progestin digunakan dalam pil KB dan obat lain.
"Makna dari identifikasi progesteron tidak dapat dilebih-lebihkan," tulis Guido F. Pauli dan koleganya di American Chemical Society di Journal of Natural Products.

"Sementara peran biologis progesteron telah banyak dipelajari pada mamalia, alasan kehadirannya dalam tanaman kurang jelas."

Mereka berspekulasi bahwa hormon, seperti hormon steroid lainnya, mungkin bioregulator kuno yang berevolusi miliaran tahun yang lalu, sebelum munculnya tanaman dan hewan modern. Penemuan baru itu dapat mengubah pemahaman ilmiah tentang evolusi dan fungsi progesteron pada makhluk hidup.

Ilmuwan sebelumnya mengidentifikasi zat seperti progesterone dalam tumbuhan dan berspekulasi bahwa hormon itu sendiri bisa ada pada tumbuhan. Namun para peneliti belum menemukan hormon pada tumbuhan aktual sampai sekarang.

Pauli dan koleganya menggunakan dua teknik laboratorium kuat, resonansi magnetik nuklir dan spektroskopi massa untuk mendeteksi progesteron dalam daun Common Walnut. Mereka juga mengidentifikasi lima progesteron steroid baru terkait milik keluarga buttercup.

source- Inilah

No comments:

Post a Comment